Aku dan Mesjid Taqwa YPUI

11.16 Hendri Julian 0 Comments

Mesjid Taqwa YPUI Banda Aceh

Ini merupakan gambar mesjid yang bagi saya memiliki sejarah yang panjang. Mesjid ini dikenal dengan nama mesjid taqwa YPUI. Mesjid pertama yang dibangun di kampung keuramat sebelum dua mesjid lain didirikan kemudian.

Dulunya mesjid ini merupakan mesjid yang diakses oleh seluruh warga kampung keuramat. Namun, setelah mesjid lain didirikan, mereka sudah jarang datang ke sini. Mungkin karena letaknya dalam lingkungan dayah dan mesjid lain lebih dekat dengan rumah warga.

Bagi alumni darul ulum, mesjid ini pasti punya kesan yang berbeda. Saban hari mesjid ini dihuni oleh 850 jamaah tiap shalat fardhunya. Tapi jika masa libur santri tiba, hanya satu shaf saja yang terisi, itupun tidak penuh. Maka, jangan berencana datang untuk jumatan di sini jika sedang libur, pasti tidak ada orang. Kami yang penghuni mess saja harus shalat jumat di mesjid luar komplek dayah.


Jika selepas shalat isya tiba, semua pengumuman diumumkan di sini oleh bagian informasi. Mulai dari takdibul luqhah, kumpul dengan wali kelas, sampai pelanggar bagian kebersihan.

Dulu saat saya masih santri dan dipercayakan untuk menjadi anggota bagian ubudiyah, saya sering nongkrong di mesjid. Biasanya saya nongkrong menunggu jamaah lain untuk mematikan lampu. Tapi, saya juga sering nongkrong di depan pembatas antara thullab dan thalibat untuk mendengarkan lantunan bacaan quran seorang santriwati yang misterius. Dia sering telat pulang dari mesjid karena tadarrus alquran. Suaranya indah, tapi siapakah dia ?

0 comments: